Monday, November 26, 2012

0 Ulama Gaza: Melanggar Gencatan Senjata Berarti Dosa

Date: Monday, November 26, 2012 9:11 PM
Category:
Author: komunitas tintamerah
Share:
Responds: 0 Comment

Ulama Gaza: Melanggar Gencatan Senjata Berarti Dosa

Rita Uli Hutapea - detikNews
rakyat Gaza merayakan gencatan senjata (AFP)
Gaza, - Seorang ulama terkemuka di Jalur Gaza, Suleiman al-Daya mengeluarkan fatwa haram bagi pelanggaran gencatan senjata antara Israel dan Hamas. Ulama Palestina itu mengingatkan warga untuk tidak melanggar gencatan senjata tersebut.

"Menghormati gencatan senjata, yang disponsori oleh saudara Mesir kita, adalah kewajiban kita semua. Melanggarnya berarti dosa," demikian bunyi fatwa tersebut seperti dikutip Al Arabiya, Senin (26/11/2012).

Gencatan senjata yang disponsori Mesir pada 21 November lalu telah mengakhiri eskalasi ketegangan di perbatasan Gaza.

Sesuai kesepakatan gencatan senjata itu, Israel harus "menghentikan semua kekejaman di darat, laut dan udara termasuk serbuan dan menargetkan individu-individu". Faksi-faksi Palestina juga harus menghentikan "serangan-serangan roket dan semua serangan di sepanjang perbatasan".

Dalam perjanjian itu juga disebutkan, Israel akan mengizinkan masuknya barang-barang ke Gaza, yang telah diblokade Israel sejak tahun 2007. Menurut pemimpin Hamas Khaled Meshaal, dengan kesepakatan itu berarti semua perlintasan ke Gaza akan dibuka.

Meshaal pun mengingatkan Israel untuk tidak melanggar perjanjian tersebut. "Jika Anda komit, kami akan komit. Jika Anda tidak komit, senjata ada di tangan kami," tegas pemimpin Hamas itu seraya menambahkan "kami akan terus mempersenjatai diri kami".

sumber : detik.com

Artikel Terkait :



Post a Comment