Thursday, December 6, 2012

0 Sebaik Apapun Kurikulum Dirancang, Guru yang Menentukan

Date: Thursday, December 6, 2012 12:26 AM
Category:
Author: komunitas tintamerah
Share:
Responds: 0 Comment

Sebaik Apapun Kurikulum Dirancang, Guru yang Menentukan

shutterstockIlustrasi: Kurikulum pendidikan disesuaikan dengan zaman.
SURABAYA, KOMPAS.com - Pembenahan kompetensi guru lebih mendesak dilakukan dibandingkan perubahan kurikulum pendidikan. Alasannya, sebaik apapun kurikulum, guru yang menentukan keberhasilan pendidikan.
"Untuk itu, yang mendesak dibutuhkan saat ini adalah guru yang kompeten bukan perubahan kurikulum," kata Daniel M Rosyid, Penasehat Dewan Pendidikan Jawa Timur, di Surabaya, Rabu (5/12/2012).
Daniel menilai, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang sekarang diterapkan sebenarnya sudah cukup sesuai dengan kondisi Indonesia, tetapi pelaksanaan di lapangan menjadi jauh dari harapan karena buruknya kualitas guru.
"Jika guru tidak sungguh-sungguh diperbaiki, kita tidak punya masa depan," ujar Daniel yang juga Guru Besar Kelautan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.
Menurut Daniel, langkah perubahan kurikulum yang dilakukan pemerintah justru terkesan menghindari persoalan untuk membenahi kompetensi guru. Sebaik apapun kurikulum dirancang, tetap guru yang menentukan.
Sugeng, guru kelas VI di SDN Kaliasin III Surabaya, mengakui, guru adalah penentu dari keberhasilan kurikulum. "Apapun mata pelajarannya tergantung dari cara guru yang menyampaikan. Jika menarik, pasti murid akan senang dengan mata pelajaran itu," ucap Sugeng.
Editor :
Robert Adhi Ksp


kompas.com

Artikel Terkait :



Post a Comment