Saturday, December 29, 2012

0 Cara Mengeobati Sindrom Mata Kering

Date: Saturday, December 29, 2012 12:51 AM
Category:
Author: komunitas tintamerah
Share:
Responds: 0 Comment
Duduk berjam-jam di depan komputer atau laptop membuat mata terasa kering dan perih. Sindrom mata kering atau juga dikenal dengan sindrom air mata disfungsional, merupakan suatu kondisi yang terjadi ketika mata tidak menghasilkan banyak air mata untuk tetap melumasi mata. Bahkan, meski jumlah produksi air mata masih sama, kualitasnya sangatlah buruk dan lebih cepat menguap. Berikut adalah cara alami mengobati mata kering, seperti dilansir Boldsky.

1. Asam lemak omega-3

Diet kaya asam lemak omega-3 dapat membantu menyembuhkan sindrom mata kering dan terbakar. Jadi, sertakan asupan makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti salmon dan biji rami.

2. Mencuci mata

Sindrom mata kering dapat disembuhkan dengan mengompres mata dengan air dingin. Mata menjadi lebih mudah lelah dan kering jika terkena paparan sinar komputer atau layar televisi dalam jangka waktu yang lama. Sinar dari layar membuat air mata menguap sehingga mata terasa kering dan gatal. Untuk mencegah peradangan dan mata kering, kompres mata dengan air dingin sesering mungkin.

3. Bersantai

Ketika mata mulai terasa terbakar dan menjadi kering, Anda dapat bersantai sejenak dengan meletakkan kompres dingin seperti mentimun. Ini adalah salah satu pengobatan paling efektif untuk menyembuhkan mata kering dan gatal.

4. Istirahat

Anda sering duduk berjam-jam di depan komputer atau laptop? Kalau ya, maka pastikan Anda sesering mungkin mengambil waktu untuk beristirahat. Untuk mengatasi sindrom mata kering, Anda juga bisa melakukan pijatan sederhana di sekitar mata. Letakkan ujung jari Anda pada kelopak mata dan pijat secara perlahan.

5. Teteskan air mawar

Ini adalah salah satu ramuan tradisional yang ampuh untuk menyembuhkan mata kering dan gatal. Tuangkan beberapa tetes air mawar pada mata untuk membersihkan dan melembapkan mata.

Air mata memainkan peran penting dalam melindungi mata dari kotoran dan infeksi. Ingat, jangan sepelekan keluhan yang terjadi pada mata Anda.(mrd)

Artikel Terkait :



Post a Comment