Thursday, February 7, 2013

0 Kualifikasi Piala Asia 2015 Indonesia Dikalahkan Irak 0-1

Date: Thursday, February 7, 2013 12:32 AM
Category:
Author: komunitas tintamerah
Share:
Responds: 0 Comment

Kualifikasi Piala Asia 2015

Indonesia Dikalahkan Irak 0-1
 detikSport

FOTO:AFP/Karim Sahib
Dubai - Timnas Indonesia mengawali kiprahnya di Kualifikasi Piala Asia 2015 dengan kekalahan. Menghadapi tim kuat Irak, pasukan 'Merah Putih' kalah dengan skor tipis 0-1.

Pertandingan di Al Rashid Stadium, Dubai, Rabu (6/2/2013) malam WIB, mutlak dikuasai oleh Irak. Negara Timur Tengah itu terus menerus membombardir pertahanan Indonesia, sementara Indonesia cuma sesekali menyerang balik.

Meski dominan, Irak tak bisa menggetarkan gawang Indonesia di paruh pertama. Saat turun minum, skor masih tetap 0-0.

Irak baru bisa mencetak gol di babak kedua. Younis Mahmood memaksimalkan satu kesalahan pemain Indonesia untuk membawa timnya unggul.

Gol Younis itu ternyata jadi satu-satunya gol pada pertandingan ini. Hingga peluit panjang berbunyi, Irak tetap menang 1-0.

Dengan hasil ini, Irak menempati puncak klasemen Grup C dengan tiga poin. Indonesia di urutan terbawah dengan poin nol.

Pada pertandingan berikutnya, Indonesia akan menjamu Arab Saudi, 23 Maret mendatang.

Jalannya Pertandingan

Irak langsung tancap gas sejak menit-menit awal. Mengandalkan keunggulan postur dan kecepatan pemain-pemain mereka, tim asuhan Hakeem Shaker itu memaksa Indonesia cuma bermain di wilayahnya sendiri.

Pada menit ke-24, Irak sempat membobol gawang Indonesia yang dikawal oleh Endra Prasetya lewat tendangan bebas Younis. Tapi, gol ini dianulir wasit karena salah satu pemain Irak telah terjebak offside.

Irak kembali mengancam empat menit kemudian lewat sundulan Mohanad Abdulraheem. Tapi, sundulan Mohanad belum mengarah ke gawang.

Hingga berakhirnya babak pertama, Irak yang punya banyak peluang tetap tak mampu mencetak gol. Skor masih imbang 0-0.

Irak masih terus menggempur Indonesia di babak kedua. Mereka mendapatkan peluang emas di menit ke-50 lewat sundulan Mohanad. Namun, bola mengarah tepat ke pelukan Endra.

Dua menit kemudian, Endra membuat penyelamatan gemilang. Dia secara luar biasa mementahkan sundulan jarak dekat Dhurgham Ismael. Dhurgham yang mencoba mengejar bola liar juga tak bisa menceploskan bola ke dalam gawang karena tembakannya melambung.

Memasuki menit ke-62, peluang lainnya didapatkan Irak. Namun, sundulan Alaa Abdul-Zahra bisa diamankan oleh Endra.

Irak akhirnya bisa memecahkan kebuntuan pada menit ke-66. Berawal dari blunder Handi Ramdhan dalam melakukan back pass, bola justru bisa dikejar oleh Younis. Penyerang bernomor punggung 10 itu memenangi sprint melawan Wahyu Wijiastanto kemudian melewati Endra. Younis mengakhiri aksinya dengan tembakan yang menjebol gawang Indonesia.

Di menit ke-75, Irak berpeluang menggandakan keunggulannya. Tapi, tendangan keras Humam Tareq Faraj masih mengarah ke samping gawang.

Indonesia nyaris menyamakan kedudukan pada menit ke-82. Vendry Mofu yang melakukan akselerasi di sayap kiri melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Bola mengarah ke pojok bawah gawang, tapi bisa ditepis oleh kiper Irak, Noor Sabri.


Susunan Pemain
Irak: Noor Sabri; Ali Adnan Khadim, Saif Salman Hashim, Salam Shakir Alidad, Ali Hussein (Ahmad Abbas Hattab 61'); Humam Tareq Faraj, Mustafa Nadhim Jari, Dhurgham Ismael; Hammadi Ahmed Abdullah (17-Alaa Abdul 41'), Younis Mahmood, Mohanad Abdulraheem

Indonesia: Endra Prasetya; Handi Ramdhan, Novan Setya Sasongko, Nopendi, Wahyu Wijiastanto; Oktovianus Maniani (Syaiful Indra Cahya 86'), Taufiq, Vendry Mofu (Mario Aibekob 90'), Stevie Bonsapia (Rasyid Bakrie 65'); Irfan Bachdim, Andik Vermansah







( mfi / a2s )

Artikel Terkait :



Post a Comment