Blogroll

Newmont Buka Pendaftaran Program Beasiswa 2013/2014


Newmont Buka Pendaftaran Program Beasiswa 2013/2014

Sumbawa Barat, Sumbawanews.com. – PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) secara resmi membuka Pendaftaran Program Beasiswa tahun ajaran 2013/2014. Pendaftaran akan dimulai akhir Mei ini dan ditutup pada akhir Juli 2013 untuk beasiswa bulaeng dan perak, sedangkan beasiswa lainnya pada akhir Agustus 2013. Program Beasiswa 2013/2014 ini akan menerima sejumlah total 558 siswa untuk lima jenis program yang dikeluarkan PTNNT yaitu Beasiswa Perak, Beasiswa Emas, beasiswa  Bulaeng dan Beasiswa Platinum, serta program bagi mahasiswa asal KSB berupa bantuan peningkatan prestasi. Jumlah ini menurun dari Program Beasiswa tahun ajaran 2012/2013 lalu sejumlah 975 siswa dikarenakan akan digunakannya sistem seleksi yang baru dan upaya untuk lebih meningkatkan kualitas para penerima beasiswa PTNNT.

“Pada tahun ajaran ini penyaringan akan lebih kami perketat dengan menekankan pada kualitas para penerima beasiswa. Persyaratan nilai akan menjadi lebih tinggi dari pada tahun sebelumnya. Konsekuensinya adalah penurunan jumlah penerima beasiswa namun besar dana bantuan pun akan meningkat,“demikian Rachmat Makkassau, General Manager Social Responsibility PTNNT.

Perubahan besaran bantuan dana diberlakukan untuk semua jenis beasiswa namun perubahan jumlah penerima beasiswa akan diberlakukan pada beasiswa Perak dan Bulaeng, tambah Rachmat.

Program Beasiswa Perak 2013/2014 ini, PTNNT akan menerima sejumlah 180 siswa SMP/SMA sederajat dengan persyaratan nilai rata-rata per semester minimal bernilai 8,5 dan bantuan dana berkisar antara Rp1.200.000  - 1.500.000,-/tahun/siswa. Sedangkan untuk tingkat mahasiswa akan dijaring sejumlah 120 mahasiswa  dengan persyaratan nilai rata-rata sebesar 3,5 dan bantuan dana sebesar Rp4.800.000/tahun/siswa. Sebagai perbandingan, pada periode sebelumnya, penerima Beasiswa Perak mencapai 700 siswa/tahun.

Untuk program Beasiswa Emas masih sama dengan periode lalu yaitu setiap tahun akan menerima 20 siswa saja dengan nilai bantuan uang saku sebesar Rp4.800.000/tahun/siswa.  Sementara untuk Beasiswa Platinum yaitu beasiswa khusus bagi mahasiswa pasca sarjana, akan dijaring sebanyak 50 calon penerima.

Sedangkan Beasiswa Bulaeng yang merupakan pengembangan dari Beasiswa Emas yang fokus pada program studi unggulan tertentu, dengan sistim pembiayaan penuh sampai tamat kuliah, dimana pada tahun ajaran ini akan menerima dua orang penerima baru bagi mahasiswa S1. Program ini juga telah dikembangkan dengan membuka kesempatan bagi para mahasiswa  S2 atau pun S3 sejumlah dua orang calon penerima. Sehingga total penerima beasiswa khusus Bulaeng ini akan menjadi delapan orang terhitung sejak awal dimulainya program ini dua tahun lalu. Selain itu, sasaran perguruan tinggi pun meningkat dari tujuh menjadi 11 perguruan tinggi terkemuka.

“Dengan sistem penerimaan baru ini, akan terjaring siswa-siswi yang betul-betul berprestasi dan berkualitas. Kami berharap para penerima beasiswa PTNNT ini nantinya akan mampu berbicara di tingkat nasional dan bersaing dengan siswa/mahasiswa dari seluruh Indonesia bahkan di tingkat internasional,” kata Rachmat.(*/sn01)
Download

Comments

Popular Posts

Total Pageviews